Selasa, 07 Oktober 2014

Apakah Anda sering lupa saat mencari suatu benda? Misalnya Anda sering lupa meletakkan di mana kunci Anda? Atau lupa hal penting yang harus dilakukan? Lupa password? Nilai ulangan anak Anda buruk karena kesulitan menghafal? Hal ini banyak dialami oleh kita. Akibatnya, semakin banyak waktu dan energi yang dibutuhkan untuk mencari barang, mendapat omelan dari orang lain, atau mendapat hasil yang buruk akibat sifat pelupa tersebut. Daya ingat otak memang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Semakin tua umur seseorang biasanya mereka akan semakin pelupa. Tetapi, ini dapat juga menimpa di usia muda. Masalah ini dapat dikurangi dengan cara melatih otak.


Fungsi Otak
Dalam proses mengingat, otak memainkan peranan besar. Otak dapat terbagi atas otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri berkaitan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisa, dan untuk ingatan jangka pendek (short term memory). Sedangkan otak kanan kita diguakan untuk kreativitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi dan untuk ingatan jangka panjang (long term memory).
Ingatan akan lebih bertahan lama jika dalam mengingat menggunakan otak kanan. Untuk dapat mengingat dengan baik, perlu melatih otak agar berfungsi dengan optimal. Sayangnya, lebih banyak orang yang menggunakan otak kiri dalam proses mengingat. Otak kiri kebanyakan orang lebih berkembang tanpa diimbangi perkembangan otak kanan. Karena otak kiri merupakan ingatan jangka pendek, maka informasi yang disimpan di otak kiri akan lebih mudah terlupakan. Oleh karena itu, jika ingin menyimpan dalam otak kanan, informasi harus diubah menjadi cerita atau gambar. Karena otak kanan tidak mengenal tulisan atau angka. Latihan diperlukan agar dapat mengembangkan otak kanan. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Memiliki daya ingat ingat yang tajam sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Kita mungkin akan merasa kesal, ketika menaruh barang di suatu tempat dan saat dibutuhkan, kita lupa menaruhnya dimana. Jadi memiliki daya ingat yang baik sangat dibutuhkan dalam segala kondisi dan keadaan. Kali ini tips kesehatan akan mengetengahkan sebuah artikel yang mungkin sangat berharga bagi pembaca. Inilah Tips mempertajam daya ingat otak anda :

1. Disela-seka padatnya aktivitas anda, usahakan melakukan senam otak. Senam otak dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang anda harus jawab sendiri. Seperti, menyebutkan 10 barang yang ada di dapur, 10 barang yang ada di ruang kerja atau ruang sekolah, atau pertanyaan lainnya.

2. Seperti tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi atau makanan untuk daya ingat yang lebih baik. Jenis makanan yang baik untuk nutrisi atau makanan otak yaitu sayuran yang berwarna hijau (Bayam dan sayuran yang berwarna hijau lainnya) serta ikan (dalam hal ini ikan tuna dan ikan salmon).

3. Semua organ tubuh kita tidak terkecuali otak memerlukan air untuk menunjang kinerjanya agar lebih optimal. Dalam  hal ini, minum air putih yang cukup merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk mempertajam daya ingat otak anda. Idealnya kita harus minum air putih 8 gelas air putih setiap harinya.

4. Usahakan mengistirahatkan otak anda ketika sudah bekerja seharian. Tidur merupakan cara yang paling efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran anda. Agar saat bangun, otak lebih fresh serta mampu bekerja optimal dalam membantu aktivias kita sehari-hari yang sangat membutuhkan kerja otak disamping fisik kita. Dengan istirahat atau tidur dapat mempertajam daya ingat otak kita. 

5. Bagi anda yang melakukan aktivitas yang sangat membutuhkan daya ingat otak anda. Ada baiknya, ada mengistirahatkan otak anda selama beberapa menit. Agar otak anda lebih fresh lagi dalam mengingat berbagai hal dalam pekerjaaan anda.

6. Mengisi kata-kata yang tersembunyi di teka-teki silang merupakan cara yang sangat ampuh untuk melatih mempertajam daya ingat otak anda.

7. Berusaha mengingat kenangan masa lalu yang indah merupakan salah satu tips mempertajam daya ingat otak anda. Seperti kenangan dengan teman-teman anda waktu disekolah maupun di bangku kuliah maupun kenangan indah lainnya.

8. Usahakan mengolahragakan tubuh anda setiap pagi. Karena olahraga sangat baik untuk kesehatan dan memperlancar peredaran darah di tubuh termasuk otak anda. Sehingga akan mampu mempertajam daya ingat otak anda.
 
Cara melatih otak agar lebih baik dari sebelumnya salah satunya adalah mengubah rutinitas Anda. Dengan mengubah rutinitas hidup Anda sehari-hari mampu melatih otak untuk bisa berfikir lebih kreatif lagi. Karena mengubah rutinitas dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak pernah aktif. Bila Anda memiliki hobi paten, latihlah diri Anda untuk mencoba menemukan hobi baru. Dengan hobi baru yang Anda temukan, dapat menantang otak Anda untuk memikirkan dan melakukan suatu hobi yang baru. Sesuatu yang baru dalam hidup dan otak Anda mampu menjaga agar otak tetap aktif dan meningkatkan kemampuan otak untuk berfikir kreatif.

Cara melatih otak agar berpikir kreatif lainnya adalah bermain puzzle atau permainan teka-teki silang. Hal tersebut dapat melatih otak kiri. Tambahan permainan menantang tersebut mampu juga mengefektifkan latihan otak dengan memecahkan permainan yang menantang tersebut. Mendengarkan musk juga sebagai cara melatih otak agar ia bisa bekerja atau berfikir lebih kreatif. Dengan mendengarkan musik sambil membaca atau belajar, ada 2 indera sekaligus yang aktif dan bekerja dalam waktu yang bersamaan. Dan hal itu mampu meningkatkan kinerja otak kita dalam berbisnis. Sikap optimis juga perlu diperhatikan. Berpikir selalu bahwa semua hal mungkin untuk diwujudkan, akan memberikan semangat serta kesempatan otak untuk berfikir luas tentang segala hal.


HEAD OFFICE 
Jl. Purnawirawan (Gg.Ratu) No. 18 Gedung Meneng, Bandar Lampung Indonesia.
Telp. ( 0721 ) 712029 Dan invite pin bb kami 7E64EBF .




1 komentar:

  1. memory super adalah basa mengingat hal yang tersulit untuk diingat atau hal2 yang rumit apalagi hal yang muda... jika ingin melatih otak maka pelajarilah hal yang sulit anda ingat dan lkukan sampai anda berhasil... apabila anda sudah berhasil maka teruslah mengingat hal yang lebih sulit lagi.....

    BalasHapus

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts