Selasa, 07 Oktober 2014

Salah satu kodrat perempuan adalah melahirkan dan Tuhan telah menciptakan tubuh seorang perempuan begitu sempurnanya sehingga tubuh wanita mampu mendukung dan menyesuaikan untuk menjalankan kodratnya tersebut yaitu melahirkan. Mau melahirkan secara sesar atau normal? Itu pertanyaan yang kerap ditanyakan pada calon bunda yang sedang mengandung. Untuk melahirkan bayi memang ada dua cara yang dikenal dengan sesar atau normal. Banyak perempuan merasakan ketakutan ketika akan menghadapi proses persalinan. Mulai dari rasa takut akan sakitnya, takut terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dalam proses persalinan dan perasaan takut lainnya yang menggelayuti benak para ibu hamil. 

Seiring dengan perkembangan jaman kini mulai muncul teknik atau proses persalinan yang menawarkan kenyamanan atau mengurangi rasa sakit saat proses persalinan, seperti hypnobirthing, waterbirth, orgasmic birth dan yang terkahir adalah melalui operasi. Jenis melahirkan melalui operasi bahkan kini jumlahnya meningkat tajam. Apakah dengan meningkatnya jumlah melahirkan dengan operasi menandakan bahwa kondisi sekarang banyak ibu hamil yang tidak memenuhi persyaratan untuk melahirkan normal? atau ada hal lain yang menyebabkan ibu hamil banyak "request" atau "disarankan" untuk melahirkan melalui operasi meskipun tidak disarankan?

Sekilas mengenai melahirkan melalui operasi atau sesar. Melahirkan melalui operasi atau dikenal dengan istilah operasi caesar, cesarean section atau C-section. Dulu operasi caesar hanya digunakan untuk menyelamatkan bayi ketika ibu hamil sudah meninggal dunia  saja. sebetulnya nama Caesar sampai sekarang tidak jelas awal namanya berasal dari mana. Awalnya merujuk pada zaman Romawi pada kelahiran Julius Caesar yang melalui operasi, namun hal ini diragukan karena sang ibu Aurelia masih mendengar kabar anaknya menginvasi Inggris. Berarti ibunya masih hidup saat melahirkan Julius Caear. Ada juga yang mengaitkan berasal dari bahasa latin "caedare" yang artinya memotong ada juga yang mengaitkan dengan "Caesones" yaitu istilah bagi bayi yang dilahirkan melalui operasi postmortem (operasi sesudah kematian ibu). (dikutip dari nlm.nih.gov - Cesarean Section - A brief History).

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi di dunia kedokteran kini operasi caesar tidak hanya dilakukan pada ibu yang sudah meninggal saja tapi bisa dilakukan pada ibu yang masih hidup. Sehingga dengan demikian, kemajuan dunia kedokteran tersebut membawa hal positif terutama bagi jenis-jenis persalinan bermasalah, sehingga dapat menyelamatkan baik bayi maupun ibu. Persalinan-persalinan bermasalah tersebut seperti ibu mengalami kondisi panggul sempit, bayi besar, letak bayi sungsang, kondisi gawat janin, ibu memiliki kesehatan serius seperti herpes genital, hipertensi, placenta previa, terjadi banyaknya perdarahan, indikasi adanya tumor di rahim dll. Jadi, operasi caesar hanya dilakukan kepada kondisi persalinan-persalinan bermasalah. Namun seiring perkembangan jaman juga, kini operasi cesar banyak menawarkan hal-hal yang "menggiurkan" bagi ibu hamil mulai bisa memilih tanggal kelahiran bayi sesuai tanggal hoki, dianggap tidak mengalami rasa sakit, dan tidak merusak organ intim perempuan, proses tidak terlalu lama antara 45 menit - 1,5 jam, ibu tidak merasa kecapean karena tidak perlu mengejan. Sehingga dengan hal-hal tersebut banyak ibu hamil berbondong-bondong menginginkan melahirkan dengan operasi caesar.

Seksio Sesarea dan Persalinan Pervaginam

Istilah kedokteran untuk 2 cara melahirkan yang umum adalah Seksio Sesarea dan Persalinan Pervaginam. Seksio Sesarea (sc) adalah melahirkan dengan cara membedah perut ibu untuk mengeluarkan janin. Sedangkan Persalinan Pervaginam adalah melahirkan dengan cara alamiah melalui jalan lahir bayi dan keluar lewat vagina.

Persalinan Normal
Keuntungan Persalinan Pervaginam (Persalinan Normal)
* Risiko bayi mengalami kesulitan bernapas lebih kecil. Alasannya karena pada saat melalui jalan lahir, janin mengalami tekanan sehingga membantu keluarnya cairan dari paru-paru. Cairan ini yang menjadi penyebab bayi sulit bernapas.

* Bayi lebih kebal terhadap alergi dan intoleransi laktosa (alergi laktosa). Alasannya karena adanya paparan bakteri baik pada jalan lahir yang membantu bayi menjadi lebih kuat.

Kelemahan Persalinan Pervaginam (Persalinan Normal)

* Butuh waktu sampai pembukaan cukup besar untuk keluarnya bayi. Apabila tidak ada kemajuan bukaan, bayi dapat menjadi stres dan kekurangan oksigen yang dapat membahayakan kehidupan bayi.

* Ibu harus merasakan sakit karena kontraksi sampai bayi dilahirkan. Pada beberapa kasus, ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

* Risiko kerusakan otot dasar panggul pada ibu yang akan menyebabkan ibu sulit untuk menahan saat berkemih. Risiko semakin bertambah apabila bayi yang dilahirkan berbobot besar atau persalinan berlangsung dalam jangka waktu lama.

Persalinan Sesar


Pembedahan sesar sendiri terbagi atas dua jenis. Yaitu, sesar terencana dan sesar emergensi atau darurat. Sesar terencana dalam arti, beberapa bulan sebelumnya sudah diketahui bahwa bayi akan dilahirkan secara sesar. Alasannya karena keinginan dari pasien atau ada hal-hal yang tidak memungkinkan bayi lahir melalui persalinan normal karena berisiko untuk keselamatan ibu dan bayi, misalnya karena plasenta previa, bayi sungsang, terlilit tali pusat, dan kondisi khusus lainnya.

Sedangkan, sesar emergensi atau darurat berarti pembedahan dilakukan setelah sebelumnya sudah ada tanda-tanda dan tahapan akan melahirkan normal tetapi tidak sampai bayi lahir akibat ibu dan atau bayi telah mengalami keadaan buruk dari persalinan. Misalnya, akibat pendarahan, pembukaan yang tidak kunjung membesar, air ketuban pecah, kelelahan, infeksi, dan kondisi darurat lainnya. Melahirkan secara sc biasanya merupakan pilihan jika persalinan secara normal tidak mungkin dilakukan atau akan berisiko besar. Hal berikut adalah keuntungan dan kekurangan persalinan sesar terencana.

Keuntungan Persalinan Seksio Sesarea (sc)

* Dapat memilih tanggal lahir, sehingga ibu tidak mengalami kecemasan kapan bayi akan lahir atau cemas akan rasa sakit yang ditimbulkan. Banyak orangtua memilih untuk melahirkan bayi pada tanggal cantik yang mudah diingat. Hal ini dimungkinkan asalkan umur kehamilan sudah matang.
* Tidak mengalami inkontinensia urin dan fekal (ketidakmampuan menahan saat akan buang air) akibat kerusakan otot panggul.
* Bayi tidak mengalami stres akibat dari persalinan yang lama. Hal ini bisa terjadi pada persalinan normal, sedangkan persalinan sesar tidak membutuhkan waktu lama. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15-30 menit.

Kelemahan Persalinan Seksio Sesarea (sc)

* Risiko bayi mengalami alergi lebih besar karena tidak mellaui jalan lahir yang memiliki banyak bakteri baik.
* Risiko bayi kesulitan bernapas setelah lahir akibat adanya cairan pada paru-paru.
* Bedah sesar merupakan pembedahan besar sehingga memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama disbanding persalinan normal.

Persalinan Seksio Sesarea (persalinan sesar) maupun Persalinan Pervaginam (persalinan normal) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada yang sempurna. Persalinan tetap merupakan proses yang indah karena akan hadirnya bayi mungil, tetapi juga memiliki risiko tersendiri. Maka, sudah sepatutnya wanita dan ibu dihargai dalam hal ini. Namun bila orang tua jaman dulu berkata bila kita melahirkan dalam keadaan sesar kita tidak di katan seorang ibu seutuhnya karna tidak merasakan sakit yang begitu teramat yang berbeda dengan orang yang melahirkan secara normal. Namun mau dikata apa perkembangan sudah semakin pesat jadi buat para bunda moderen lebih memilih sesar ataupun melalui tahapan hypnobrithing dan biasanya para bunda moderen selang seseudah beberapa hari melahirkan ia memulai aktifitasnya lagi contohnya seperti para artis di ibukota jakarta ataupun di luar negeri. 

Kamipun HOUSE OF SUCCESS mempunyai program untuk para bunda yang ingin melahirkan tanpa rasa sakit yaitu "Hypnobrithing" yang sekrang sudah cukup banyak digunakan para kaum menengah keaatas. Namun jagan khawatir soal biyaya HOUSE OF SUCCESS menawarkan biyaya yang cukup relatife bagi para calon bunda. Ayo segera datang ke kantor kami di 

Jl. Purnawirawan (Gg. Ratu) No. 18 Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia.
Telp. ( 0721 ) 712029 atau Telp. ( 0811 ) 727150 dan Invite Pin BB 7E64EBF

 

0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts