Jumat, 03 Oktober 2014

Wanita yang kelebihan berat badan saat hamil berisiko mengalami gestational diabetes. Kemungkinan besar risiko terserang diabetes tipe 2 akan mengembang usai melahirkan,. Gestational diabetes biasanya terjadi saat masa kehamilan. Diabetes jenis ini bisa mengakibatkan bayi tumbuh besar pada usia kehamilan dan dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi saat persalinan. Sebagaimana yang dilansir dalam Foxnews, 50 persen wanita yang didiagnosis menderita diabetes gestational bisa mengembangkan diabetes tipe 2 dalam lima sampai 10 tahun ke depan. 

Wanita yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih serta memiliki riwayat diabetes pada keluarga berisiko mengalami diabetes gestational. Sebagai pencegahan, para wanita disarankan untuk mengontrol berat badan sebelum hamil. Selain itu, konsumsilah suplemen seperti suplemen inositol yang bisa mengembalikan keuburan dalam sindrom ovarium polikistik. Suplemen ini bisa mengurangi risiko ibu hamil terkena diabetes gestational. Banyak yang mengatakan bahwa perempuan  hamil itu akan terlihat lebih gemuk seiring pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan. Semua perempuan pasti mengalami penambahan berat badan saat hamil. Meski demikian, ini bukanlah alasan untuk membiarkan tubuh semakin membengkak tak terkendali saat hamil. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan berat badan selama hamil.

1. Pantau berat badan setiap minggu
Anda harus tahu banyaknya kenaikan bobot tubuh saat hamil setiap minggu. Ini akan membantu mengendalikan kenaikan berat badan agar tak kelebihan. Kenaikan berat badan selama hamil yang wajar adalah 10-17,5 kg. Jika sudah melewati angka konsultasikan pada dokter kandungan Anda. Mulailah untuk, merencanakan pola makan yang lebih sehat.
2. Atur jumlah makanan
Saat hamil, banyak perempuan beranggapan bahwa harus makan untuk ‘dua orang’. Parahnya hal tersebut diterjemahkan secara harafiah dengan makan dua kali lipat porsinya. Kehamilan menjadi alasan Anda makan banyak dan semaunya dengan alasan demi jabang bayi. Padahal yang dimaksud, Anda butuh nutrisi yang lengkap agar bayi sehat. Sedangkan jumlah porsi yang harus ditambah tidak terlalu banyak, saat hamil, Anda hanya membutuhkan 300 kalori ekstra dalam sehari. Sehingga harusnya ibu hamil mengatur pola makan yang lebih bergizi. Memastikan jabang bayi mendapatkan semua gizi yang dibutuhkannya.
3. Rencanakan diet Anda
Hindari untuk menyantap makanan yang memiliki nilai gizi yang lebih kecil daripada makanan utama, misalnya mengganti beras dengan pasta. Jika ingin ngemil, usahakan untuk menyantap aneka makanan ringan yang sehat seperti sayuran, telur, dan buah-buahan. Agar tak kekurangan nutrisi, usahakan untuk ngemil sehat setiap dua jam.
4. Jangan berhenti berolahraga
Meskipun sedang hamil, Anda tak perlu berhenti berolahraga atau beraktivitas. Lakukan pekerjaan rutin Anda, jogging, atau jalan-jalan santai dalam taraf yang disesuaikan dengan kondisi kehamilan. Bahkan para dokter kandungan pun menyarankan untuk tetap bergerak aktif saat hamil, karena bisa meningkatkan peluang untuk persalinan normal.
Jika Anda tak aktif atau malas beraktivitas saat hamil, akan membuat lemak banyak menumpuk di tubuh sehingga lebih sulit untuk menurunkannya pasca kehamilan.


Pemantauan berat badan ibu hamil sangat penting, karena berkaitan erat dengan   pertumbuhan janin, plasenta yang sehat, air ketuban, pengiriman makanan untuk janin      melalui aliran darah dan persiapan untuk menyusui setelah kelahiran. Jika penambahan berat badan ini terus-menerus dipantau, diharapkan bayi dalam kandungan memiliki berat normal, yaitu di atas batas berat bayi lahir rendah (BBLR), 2.500 gram.

Kondisi ini sebetulnya telah disesuaikan secara otomatis oleh tubuh, walau kadang-kadang    ada hambatan yang dialami ibuhamil berupa keluhan muntah-muntah, karena gejala    morning sickness. Gejala ini perlu mendapat perhatian karena bisa mengakibatkan    menurunnya keinginan ibuhamil untuk makan. Karena itu, perlu dipertimbangkan jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi, agar tubuh tetap mendapat zat gizi sesuai kebutuhan.

Anjuran penambahan berat badan ibu sampai bayi lahir adalah 12,5- 17,5 kg. Jumlah kenaikan ini adalah untuk mendapatkan berat lahir bayi sebanyak 3-4 kg, dan selebihnya untuk penunjang, seperti plasenta dan air ketuban, termasuk juga kebutuhan persiapan menyusui.   
Kenaikan berat badan ini dapat diperoleh dari makanan setiap hari. Jika ibuhamil banyak   mengkonsumsi junk-food  (makanan dengan lemak tinggi), maka pengaruh terhadap   pertumbuhan bayi akan sedikit, termasuk sistem penunjangnya. Lemak akan tertimbun di tubuh ibu dan tubuh menjadi gemuk.

Sebetulnya sangat mudah memantau berat badan. Anda hanya perlu timbang berat badan    secara teratur. Seandainya naiknya terlalu banyak, berarti makanan yang dikonsumsi terlalu berlebihan. Maka kurangilah jumlah makanan, tapi pilihlah jenis makanan yang baik kualitas gizinya. Sebaliknya, jika berat badan tidak bertambah, makanan yang dikonsumsi harus ditambah jumlah sambil tetap diperhatikan mutu zat gizinya.
 
Pastikan  penyebabnya. Sebaiknya segera bertanyalah pada dokter mengenai hal ini. Karena, selain berkaitan dengan pola makan yang berlebihan, bisa juga disebabkan jumlah janin dalam kandungan lebih dari satu. Biasanya dokter akan memeriksa lebih teliti lagi.

Jika sudah dipastikan kelebihan berat badan gara-gara penambahan lemak, maka perlu diatur agar jumlah lemak ini tidak bertambah lagi. Namun, tidak berarti zat gizi lemak sama sekali ditiadakan dalam makanan. Kurangi saja, misalnya dengan mengganti makanan gorengan dengan rebusan dan mengurangi sumber kalori lain seperti karbohidrat.    
 
Kegemukan saat hamil itu sangat berpengaruh kepada sang janin yang bisa menurunkan gen diabetes dan kegemukan sang anak saat dewasa kelak. Maka dari itu bunda yang sedang mengandung harus terus mengontrol asupan gizi untuk sang anak dan untuk sang bunda sendiri. 

 


0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts