Jumat, 26 September 2014

Selamat pagi menjelang siang, langsung saja kali ini HOUSE OF SUCCESS akan membahas tentang persoalan "LEMAK" namun kali ini lemak yang dibahan bukanlah milik orang dewasa namun milik anak-anak, karna banyak anak-anak sekarang tumbuh besar dengan bobot yang tak seharusnya dicapai oleh seseorang anak kecil, contohnya artis kecil kita nizam ataupun yang lainya, namun terkadang orang tua senang melihat anaknya tumbuh dengan gemuk akan tetapi orang tua harus tetap waspada karna ada banyak macam lemak didunia ini yaitu lemak baik dan lemak buruk.


Jika kita mendengar kata lemak terhadap orang dewasa pikiran kita biasanya akan mengacu pada hal-hal buruk seperti kegemukan, sumber penyakit, kolesterol dan lain sebagainya walaupun sebenarnya banyak hal baik lainnya dari si lemak ini sendiri. Lemak di butuhkan oleh tubuh sama hal nya seperti tubuh membutuhkan protein dan karbohidrat untuk pertumbuhan, yang perlu di perhatikan adalah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak merugikan kesehatan terutama pada anak.
Fungsi lemak untuk tubuh, antara lain:

1. Mendukung perkembangan dan fungsi otak, artinya lemak baik untuk kecerdasan anak 
2. Sebagai sumber energi yang bermanfaat membantu anak dalam menjalani aktivitas harian mereka sehingga tidak cepat lelahMembantu peyerapan berbagai vitamin
3. Memberi rasa kenyang sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil

Beberapa jenis makanan sumber lemak yaitu:

1. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, mede dan lain-lain yang merupakan sumber nutrisi yang kaya lemak tak jenuh.
2. Alpukat, lemak dalam buah alpukat dapat menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker mulut.
3. Algae dan tumbuhan laut lainnya dimana lemak yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi resiko peyakit jantung.
4. Mentega, lemak pada mentega berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh
5. Ikan laut dan Minyak ikan, kaya akan omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak
6. Kuning telur dan susu

Kita sebagai orang tua harus bisa menjaga keseimbangan antara lemak baik dan lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh agar anak terhindar dari resiko obesitas. Kenaikan berat badan secara berlebihan pada anak merupakan salah satu tanda bahwa lemak jahat lebih banyak dari pada lemah baik di dalam tubuh. Ajak anak untuk melakukan rutinitas harian yang banyak bergerak untuk mengurangi lemak jahat di dalam tubuh, alihkan keinginan anak untuk ngemil dengan kegiatan lain serta jaga pola makan anak dengan mengatur menu yang dapat membuat anak merasa kenyang sehingga anak tidak banyak ngemil makanan lainnya.

Sumber lemak baik yang cukup mudah diperoleh, yaitu :

A. Lemak tak jenuh tunggal 
Nama lain dari lemak ini adalah mono-unsaturated fat. Fungsinya adalah menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat atau biasa disebut LDL. HDL-pun akan meningkat kadarnya oleh lemak tak jenuh tunggal. Sumber lemak baik ini ada pada alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak canola.
* Minyak canola memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak 60%, lemak tak jenuh ganda 34% dan lemak jenuh 6%.  Sedangkan minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal 80%, lemak tak jenuh ganda 12% dan lemak jenuh 6%.
* Minyak zaitun memiliki berbagai pilihan, diantaranya minyak zaitun murni, minyak zaitun dan minyak zaitun ringan. Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun untuk menumis, memanggang dan menggoreng, minyak zaitun murni adalah pilihan yang tepat dan merupakan minyak zaitun yang berasal dari perasan pertama dari buah zaitun. Minyak zaitun memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan minyak zaitun murni dengan warna yang lebih kuning.
Memang, harga minyak zaitun lebih mahal dibanding minyak yang lain. Mencapai Rp.30.000,00 per 150 ml. Bahkan bagi yang ingin mengonsumsinya langsung, dapat mengonsumsinya dalam bentuk soft capsul. Lebih praktis dan dikonsumsi dalam komposisi aslinya.

B. Lemak tak jenuh ganda
Lemak ini biasa disebut dengan poly-unsaturated fat. Lemak yang termasuk adalah lemak omega 3 dan lemak omega 6. Contoh lemak omega 3 adalah EPA dan DHA. DHA penting bagi pertumbuhan anak dan meningkatkan kemampuan kognitif otak. Sumber lemak baik ini adalah mackerel dan sarden. Ikan salmon juga sumber lemak tak jenuh ganda yang baik walau harganya lebih mahal dari mackerel dan sarden. Lemak omega 6 berperan dalam kesehatan kuku, kulit dan rambut. Terdapat dalam minyak canola, minyak jagung dan minyak kedelai.

Mengonsumsi makanan yang berlemak sah-sah saja, asalkan tetap menjalankan pola hidup sehat yaitu menakar asupannya agar tidak berlebihan kemudian membakar lemak secara berkala minimal dua minggu sekali dengan berolahraga secara teratur. Mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga perut tidak hanya diisi dengan makanan yang lezat-lezat saja. Semoga mengenal jenis-jenis lemak dapat membantu kita untuk dapat hidup lebih sehat.


HEAD OFFICE
Jl. Purnawirawan (Gg.Ratu) No. 18 Gedong Meneng, Bandar Lampung. Indonesia
Telp. 0721-712029

0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts