Kamis, 25 September 2014

Anak indigo atau anak nila dan bahasa Inggris, Indigo children adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa dan bahkan supranatural. Konsep ini merupakan ilmu semu yang didasarkan pada gagasan Zaman Baru pada tahun 1970-an. Konsep ini mulai terkenal setelah diterbitkannya beberapa buku pada akhir tahun 1990-an dan dirilisnya beberapa film satu dasawarsa kemudian. Interpretasi mengenai indigo ada bermacam-macam, dari yang meyakini bahwa mereka adalah tahap evolusi manusia selanjutnya yang bahkan mempunyai kemampuan paranormal seperti telepati hingga yang menyebut anak indigo sebagai orang yang lebih empatik dan kreatif.

Meskipun tidak ada satu bukti penelitian pun yang membuktikan keberadaan anak indigo atau sifat mereka, fenomena ini menarik perhatian orang tua yang anaknya didiagnosis mengalami kesulitan belajar atau yang ingin anaknya spesial. Kaum skeptik memandangnya sebagai cara orang tua menghindari penanganan pediatrik atau diagnosis psikiatrik yang tepat. Daftar sifat yang dimiliki anak indigo juga dikritik karena terlalu umum sehingga dapat diterapkan untuk hampir semua orang (efek Forer). Fenomena indigo dituduh pula sebagai alat untuk menambang uang dari orang tua yang mudah ditipu.

Konsep anak indigo pertama kali dikemukakan oleh cenayang Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Pada tahun 1982, Tappe menerbitkan buku Understanding Your Life Through Color (Memahami Hidup Anda Melalui Warna) yang banyak menjelaskan bahwa semenjak pertengahan tahun 1960-an, ia mulai menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura "indigo" dan dalam publikasi lain Tappe juga mengatakan bahwa warna indigo atau nila berasal dari "warna kehidupan" anak yang ia dapatkan melalui sinestesia. Gagasan ini kemudian dipopulerkan oleh buku yang berjudul The Indigo Children: The New Kids Have Arrived pada tahun 1998. Buku ini ditulis oleh Lee Carroll dan Jan Tober.

Pada tahun 2002, konferensi internasional untuk anak indigo yang dihadiri oleh kurang lebih 600 orang diadakan di Hawaii. Konferensi pada tahun-tahun berikutnya diadakan di Florida dan Oregon. Beberapa film bertajuk indigo juga telah dibuat, seperti Indigo pada tahun 2003 yang disutradarai oleh James Twyman. Film mengenai indigo juga dirilis di Rusia pada tahun 2008. Dalam sebuah artikel di Nova Religio pada tahun 2009, Sarah W. Whedon pada tahun 2009 mengusulkan bahwa konstruksi sosial anak indigo merupakan tanggapan terhadap "krisis anak-anak Amerika" yang tampak dalam bentuk peningkatan kekerasan anak-anak dan diagnosis attention deficit disorder dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Whedon meyakini bahwa orang tua melabeli anak mereka sebagai "indigo" sebagai penjelasan alternatif bagi ADD dan ADHD anak mereka.

Beberapa ciri anak indigo adalah:
  • Empatik, penuh rasa ingin tahu, berkeinginan kuat, independen, dan sering dianggap aneh oleh teman dan keluarga.
  • Mengenal dirinya dan memiliki tujuan yang jelas
  • Memiliki spiritualitas di bawah sadar yang kuat semenjak kecil
  • Meyakini bahwa dirinya layak untuk berada di dunia.
  • Memiliki IQ yang tinggi, mempunyai kemampuan intuitif, dan
  • Sering menolak mengikuti aturan atau petunjuk.
Menurut Tober dan Carroll, anak indigo mungkin tidak memiliki performa yang baik di sekolah karena menolak mengikuti aturan, lebih pintar (atau lebih matang secara spiritual) dari guru mereka, dan kurang tanggap terhadap disiplin yang didasarkan pada rasa bersalah, takut atau manipulasi.

Hubungan dengan attention-deficit hyperactivity disorder

Banyak anak yang dilabeli indigo didiagnosis mengidap attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan buku Tober dan Carroll yang berjudul The Indigo Children sendiri menghubungkan konsep indigo dengan diagnosis ADHD. Robert Todd Carroll menyatakan bahwa pelabelan anak-anak sebagai indigo merupakan alternatif dari diagnosis yang seolah menunjukkan ketidaksempurnaan, kecacatan atau penyakit kejiwaan. Setelah menghubungkan konsep anak indigo dengan ketakutan terhadap penggunaan Ritalin untuk mengontrol ADHD, Carroll berpendapat bahwa ketakutan akan penggunaan ritalin yang telah memperkeruh suasana dan berdasarkan pilihan yang ada, tentu adalah sesuatu yang masuk akal apabila orang tua lebih memilih meyakini bahwa anak mereka itu spesial dan terpilih untuk misi yang penting daripada menerima kenyataan bahwa anak mereka mengidap penyakit kejiwaan.

Stephen Hinshaw, profesor psikologi di Universitas California, Berkeley, menyatakan bahwa ketakutan akan kelebihan pengobatan terhadap anak itu masuk akal, namun anak berbakat yang didiagnosis ADHD dapat belajar lebih baik dengan lebih banyak struktur, bahkan jika struktur tersebut awalnya mengakibatkan kesulitan. Banyak anak yang dilabeli inidgo telah dimasukkan ke sekolah rumah. Menurut psikolog Russell Barkley, pergerakan Zaman Baru belum menghasilkan satu bukti pun mengenai keberadaan anak indigo, dan 17 sifat yang dikaitkan dengan anak indigo itu merupakan efek Forer atau dalam kata lain, terlalu umum sehingga dapat dikaitkan dengan hampir semua orang. Konsep indigo dikritik terdiri dari sifat-sifat yang terlalu umum, dan juga dianggap sebagai diagnosis palsu yang sama sekali tidak didukung oleh sains. 

Kurangnya dasar ilmiah untuk konsep indigo diakui oleh beberapa tokoh pendukung indigo seperti Doreen Virtue, pengarang buku The Care and Feeding of Indigos, dan James Twyman, orang yang membuat dua film mengenai indigo. Ahli kesehatan kejiwaan juga khawatir karena pelabelan indigo dapat menghambat diagnosis dan penanganan yang tepat yang dapat membantu sang anak. Ahli lain juga menyatakan bahwa sifat-sifat anak indigo dapat diinterpretasikan sebagai pembangkangan dan kewaspadaan belaka. Nick Colangelo, profesor di Universitas Iowa, menyatakan bahwa buku indigo pertama seharusnya tidak diterbitkan, dan bahwa "Pergerakan anak indigo itu bukan mengenai anak-anak" dan juga bukan mengenai warna indigo, tapi mengenai orang dewasa yang menyebut diri mereka sebagai ahli dan mengeruk uang dari buku, presentasi dan video.

Berikut adalah ciri ciri anak indigo berdasarkan fisik dan psikologis

1.  Memiliki jiwa yang tua
Anak indigo memiliki jiwa yang cenderung lebih tua dibanding dengan usia sebayanya. Sebagian dari mereka ada yang menunjukan pertumbuhan jiwa di usianya yang masih bayi dalam memahami kemampuan berfikir, memahami benda-benda dan karakter orang dewasa. Bahkan perkembangan jiwa yang tumbuh cepat mempengaruhi pertumbuhan fisik seperti tumbuhnya gigi  dan kemampuan motorik yang lebih cepat dibandingkan dengan keadaan normalnya.

2.  Bentuk kepala yang memiliki ciri khas
Bentuk fisik yang mungkin anda lihat adalah kepala yang sedikit besar dari anak seusinya terutama terlihat jelas pada bagian lingkar kepala, dahi dan kening yang lebih lebar. Kuantitas otaknya lebih besar dikarenakan mempunyai kemampuan dalam menganalisi panca inderannya.

3.  Bentuk daun telinga
Anak indigo dapat dilihat dari daun telinga yang memiliki perbedaan ketimbang anak lainnya seperti bentuknya yang sedikit keluar dari kepalanya, telinganya lebih memanjang di bagian ujung atas dan menekuk bagian cuping bawahnya. Hal ini terjadinya karena kepekaan dalam pendengarannya di atas normal.

4.  Mata yang lebih tajam
Anak indigo memiliki tatapan mata yang tajam dan dalam apalagi di bagian pupil lebih besar dibanding dengan anak normalnya, sehinga terkesan memilii sedikit ruang warna putih. Dengan mata yang tajam seperti ini anak indigo memiliki kemampuan supranatural dalam melihat dimensi-dimensi lain yang tidak kasat mata.

5.  Tanda kelahiran
Pada anak anak indigo sering kali ditemukan tanda-tanda kelahiran yang aneh seperti yang terdapat di dahi, atau kedua matanya. Warna tanda kelahiran anak indigo biasanya cukup jelas seperti warna lebam, bekas pukulan.

6.  Bagian tubuh yang sakit
Dalam beberapa kasus anak yang mempunyai keistimewaan ditemukan pernah mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan kemudian lambung yang melemah. Hal ini dikarenakan adanya stress dalam berpikir yang keras yang tidak dikehendaki sehingga memerlukan energi yang besar. Sedangkan lambung yang lemah dikarenakan produksi asam lambung yang meningkat ketika anak indigo stress.

7.  Kepribadian emosional
Anak indigo memiliki empati yang tinggi disebakan karena kepekaan yang berlebih pada lingkungannya. Anak indigo juga memiliki rasa marah yang mendesak sehingga menjadi semangat dalam memperbaiki keadaannya. Terkadang anak indigo mendengar suara yang diluar batas kemampuanyya sehingga menjadikan dirinya pribadi yang berubah-ubah.

Satu hal yang selalu diingat ketika berbicara tentang Indigo dan kedatangan mereka adalah bahwa setiap orang berbicara secara umum. Tidak ada aturan keras dan cepat untuk ketika jiwa-jiwa ini mulai tiba dan itu woud menjadi merugikan banyak untuk mengklaim mereka tidak Indigo berdasarkan tanggal lahir mereka. Sementara banyak Indigo memang masih anak-anak, cukup banyak dari Anda sekarang telah berkembang ke masa dewasa dan anak indigo adalah bawaan. 
Anak-anak Indigo adalah bawaan dari Old World of win or loss Tatanan Dunia Lama atau Tatanan Dunia Baru. Mereka memastikan bahwa kami menutup pintu untuk perang, kemiskinan, diskriminasi dan pemisahan. Mereka mengantar dunia damai, kelimpahan dan kesatuan. Indigo mulai memasuki Bumi sekitar 45 tahun yang lalu. Mereka lahir dalam setiap balapan dan struktur sosial yang ada. Mereka memegang energi frekuensi getaran bawaan of Love. Indigo datang ke dunia kita melalui Third Eye Chakra yang merupakan pusat dari intuisi, kehendak spiritual, menghubungkan ide-ide dan mengembangkan 'gambar' dari dunia. 
Mereka cenderung sangat berkemauan keras, ultra sensitif, dan cukup "pemberontak." Mereka tidak suka otoritas atau untuk kotak masuk "Berpikir di luar kotak" adalah ungkapan trendi kita gunakan saat ini dengan berdirinya pada energi Indigo . Indigo dilahirkan dengan rasa yang luar biasa integritas dan bertindak seperti bangsawan, raja dan ratu. Banyak perilaku memberontak terhadap otoritas mereka berasal dari kenyataan bahwa mereka tahu bahwa ada kurangnya keadilan dalam dunia kita sekarang dan perlakuan tidak adil kemanusiaan. Misi kehidupan seorang Indigo adalah untuk bertanggung jawab atas setiap tindakan, kata, perasaan dan perilaku. Mereka memiliki keinginan yang luar biasa untuk melayani umat manusia. Oleh karena itu, salah satu tantangan terbesar mereka adalah untuk menghormati dan mencintai diri sendiri, memiliki batas-batas dan belajar untuk mengatakan "tidak." Aset terbesar mereka mungkin kemampuan psikis dan intuitif mereka. Mereka adalah para alkemis, imam atau pendeta dan penyihir dari planet ini.
Ketika mereka berada dalam kekuasaan mereka, Indigo dapat dengan mudah membuat melalui kekuatan niat. Prajurit mereka seperti energi dan sikap perdamaian membuat mereka telah memungkinkan mereka untuk benar-benar membuat jembatan energik dari keyakinan lama manipulasi dan kontrol untuk struktur nilai baru menang-menang dan kerjasama. Ketika Indigo didasarkan dan merasa seperti mereka milik, mereka dapat memenuhi tujuan sejati-hidup mereka menjadi kontributor yang signifikan dan bermakna bagi dunia kita. Dengan demikian, mereka akan memenuhi keinginan yang kuat untuk membuat perbedaan.

Banyak anak-anak dari Indigo adalah Kristal. Anak-anak, balita dan bayi berusia sekitar 15 tahun dan di bawah benar-benar Anak New World. Padahal, banyak orangtua dari Indigo mungkin tidak sepenuhnya mengerti siapa anak-anak mereka, banyak orangtua dari Kristal (yang memang Indigo) tahu betapa istimewanya anak-anak ini dan bahwa mereka memerlukan perawatan khusus dan sekolah agar mereka untuk benar-benar berkembang. 

Bagaimana kita bisa membantu anak Indigo untuk memenuhi misi mereka ?
Hal ini sangat penting dan penting untuk sepenuhnya mendukung Indigo . Ingatlah bahwa ini adalah generasi sekarang yang penyemaian gelombang positif perubahan terhadap planet kita dan interaksi kita dengan itu. Hal ini sangat penting untuk mendengarkan makhluk-makhluk ini dan terbuka untuk mendengar ide-ide mereka radikal dan inovatif , pikiran dan persepsi . Memberikan dukungan mendorong ke Indigo adalah cara penting untuk memberdayakan makhluk khusus seperti Anda menunjukkan bahwa Anda mengenali dan mengakui siapa mereka sesungguhnya.
Cara-cara seorang Indigo mungkin berbeda dari apa yang telah dilakukan sebelumnya. Namun, mereka mungkin memang lebih baik dan lebih efisien, jadi mari kita memperhatikan dan mengeksplorasi cara mereka melakukan sesuatu. Indigo memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu dari pendekatan win atau win lebih berkelanjutan. Hadiah mereka tidak memahami kehidupan melalui struktur paradigma lama yang telah membuat kami dalam matriks melemahkan perbudakan . 
Setiap generasi dapat mengajarkan kita, tetapi Indigo adalah guru yang paling signifikan yang pernah datang ke planet ini. Mari kita memahami mereka, mendukung mereka dan belajar dari mereka. Kate Mitchell adalah seorang ahli Ilmu Chakra & Warna mengumpulkan lebih dari dua puluh tahun pengalaman energi terapi / warna. Dia percaya bahwa setiap jiwa memiliki hak dan kemampuan untuk merebut kembali kekuasaan nya untuk membawa perdamaian, harmoni dan kelimpahan untuk masing-masing dari kita dan planet kita tercinta. Kate adalah pendiri dan pemilik AURA SHOP, pusat sumber daya untuk kesadaran diri & pemberdayaan diri. Dia adalah seorang penulis diterbitkan metafisik cerita pendek dan co-founder dan CEO dari ECO EDEN, sebuah komunitas yang berkelanjutan, saat ini dalam pembangunan. Kunjungi website-nya: www.aurashop.com Artikel ini adalah hak cipta, tetapi Anda memiliki izin untuk berbagi melalui media apapun asalkan tidak diubah dan garis kredit yang tepat disertakan.

Bagi para orang tua dan guru anak-anak Indigo hendaknya memahami bahwa anak Indigo mempunyai kondisi kejiwaan yang khusus. Pemahaman orang-orang di sekitarnya atas keadaan mereka akan sangat membantu penyembuhan luka batin yang dialaminya. Menjadi tanggung jawab kita bersama menghantarkan mereka menuju keberhasilan hidup di masa dewasanya kelak. 

HEAD OFFICE
Jl. Purnawirawan (Gg.Ratu) No. 18 Gedong Meneng, Bandar Lampung. Indonesia 
Telp. 0721-712029





0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts