Selasa, 02 September 2014




Sebuah studi baru oleh University of lowa dan Indiana Univeristy, Amerika Serikat . Menunjukan bahwa cara orang tua dalam bereaksi terhadap ocehan bayi dapat mempengaruhi perkembangan bahasa sang bayi. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Infancy itu, tim menganalisis apakah respon ibu terhadap ocehan bayi mereka mempengaruhi perkembangan bahasa sang bayi untuk periode lama. Tim memantau interaksi antara 12 ibu dan bayi mereka yang berusia 8 bulan selama 30 menit selama 6 bulan. Tim menemukan ketika ibu sedang berusaha menanggapi sesuatu yang diekspresikan sang bayi menunjukan kemajuan yang signifikan dalam hal perkembangan bahasa mereka. 
Karna perkembangan indera pada bayi mulai dibentuk saat bayi masih berada dalam kandungan pada saat kandungan usia 8 minggu. Pembentukan indera pendengar bayi akan selesai pada saat janin berusia 24 minggu. Dan pada saat usia janin 25 minggu, dia sudah bisa mendengar suara-suara di sekitarnya, termasuk suara orang tuanya. Maka pada saat kandungan berusia 25 minggu, berkomunikasilah orang tua dengan janinnya meskipun masih satu arah. Berbicara dengan janin atau bernyanyi untuk janin karna akan menjadikan sebuah momen yang menyenangkan saat menjalani kehamilan ataupun setelah kelahiran. Begitupun dengan janin, dia akan merasa senang dan damai jika mendengar suara-suara lembut dari orang tuanya, dan tentunya ini akan sangat baik bagi perkembangannya.

Ketika bayi terlahir ke dunia, perkembangan indera pendengar terbagi ke dalam beberapa tahap:



  • Ketika saat terlahir ke dunia bayi sudah menyadari akan bunyi-bunyi disekitarnya. Bahkan bayi akan merasa kaget ketika mendengar bunyi keras yang tiba-tiba.
  • Pada saat bayi berusia 3 bulan, dia akan merasa senang jika mendengar suara orang tuanya. Dia akan mampu menoleh ke arah sumber suara tersebut dan sebisa mungkin dia membalas suara orang tua dengan ocehan "ah" atau "oh"
  • Ketika bayi berusia tujuh bulan, dia sudah dengan baik mengenal asal suara. Selain suara orang tuanya, bayi juga sudah bisa mendengar dan membedakan serta mengetahui sumber suara lainnya di sekelilingnya. Seperti ketika bayi mendengar bunyi bel, bunyi suara televisi dll
  • Pada saat bayi berusia sembilan bulan, bayi sudah mampu mendengar suara yang berasal dari ruangan lain, meskipun suara itu tidak keras bunyinya.
  • Pada saat bayi berusia 12 bulan, bayi sudah mampu mengatasi suara bising ketika dia ingin berkonsentrai pada mainnyannya. Saat usia ini bayi sudah mengerti beberapa kata dan kelompok kata


Head Office
HOUSE OF SUCCES
Jl. Purnawirawan (Ratu) No. 18 Gedong Meneng, Bandar Lampung
Telp. (0721-712029)

0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts