Kamis, 18 September 2014

Sebuah riset terbaru mengindikasikan, melakukan meditasi kesadaran (mindfullness meditation) meskipun hanya beberapa saat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan otak.
Seperti dipublikasikan  jurnal Proceeding of the National Academy of Sciences, Yi-Tang Yuan dan Michael Posner, dua ilmuwan yang fokus mengamati penyakit mental mengungkapkan bahwa berlatih meditasi selama 11 jam (bahkan untuk pemula) memberikan efek positif pada otak, meningkatkan konektivitas dan efisiensi.

"Perubahan fisik yang mencolok menunjukkan bahwa meditasi jangka pendek dapat meningkatkan pengendalian diri, suasana hati (mood), stres dan kekebalan. Kata Posner, seorang profesor emeritus dari University of Oregon, Eugene. Tang, rekan peneliti sebelumnya telah mengembangkan teknik meditasi yang disebut integrative body-mind training (IBMT) pada pertengahan tahun 1990-an yang didasarkan pada pengobatan tradisional Cina, yakni Taoisme dan Konfusianisme.  Tidak seperti teknik meditasi lain yang fokus pada pengendalian pikiran dan butuh latihan jangka panjang. Teknik ini justru berfokus pada kesadaran tubuh dan pikiran, seperti postur tubuh dan pernapasan. Menurut Tang, dengan bantuan instruktur yang tepat, seseorang dapat mempelajari teknik ini hanya dalam lima hari.Dalam kajiannya, peneliti melibatkan 68 mahasiswa Dalian University of Technology Cina yang direkrut secara acak. Peserta melakukan teknik meditasi IBMT, yang melibatkan konsentrasi terfokus, atau kelompok latihan relaksasi. Tak satu pun dari siswa mendapat pelatihan sebelumnya dalam meditasi. Para siswa bermeditasi selama sekitar setengah jam sehari selama sebulan.

Pada kelompok meditasi terfokus, peneliti melihat perubahan dalam materi putih di bagian jaringan otak yang berhubungan dengan pengaturan diri, atau biasa disebut anterior cingulate cortex. Perubahan materi putih di otak terjadi meskipun peserta hanya melakukan meditasi dalam waktu singkat. Sedangkan perubahan tidak terjadi pada kelompok yang fokus latihannya berorientasi pada relaksasi. Peneliti mengatakan, perlu dilakukan kajian lebih lanjut apakah beragam gangguan mental seperti attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), kecemasan, depresi, skizofrenia dan gangguan kepribadian, juga terkait dengan masalah pada bagian otak yang disebut anterior cingulate cortex. Sebuah riset yang terpisah yang dipublikasikan tahun lalu menemukan bahwa seseorang yang berpartisipasi dalam program meditasi selama delapan minggu mengalami perubahan di daerah otak yang berhubungan dengan memori, kesadaran diri, empati dan stres.

PENTINGNYA MEDITASI

Pada prinsipnya, meditasi adalah suatu proses untuk mengendalikan arus pikiran kita. Kita sadari atau tidak, seringkali kita tidak fokus dalam satu momen yang sedang kita hadapi. Benak kita terlalu aktif memikirkan banyak hal, entah itu pekerjaan, masalah, ambisi, maupun hal-hal kecil lainnya yang membuat kita tidak fokus, terburu-buru, bahkan tertekan yang akhirnya berujung pada stress. Dengan meditasi, kita akan dilatih untuk berfikir fokus pada satu momen sehingga kita bisa berpikir dan bertindak dengan tenang. Ketika pikiran kita tenang dan fokus, maka kita akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.

MEDITASI MEMBUTUHKAN LATIHAN

Meditasi merupakan keterampilan yang perlu dilatih seperti halnya olahraga otak yang lain. Berikut beberapa langkah melakukan meditasi:
  1. Duduk. Cari tempat yang hening dan membuat kita nyaman untuk duduk tanpa gangguan selama 20 menit.
  2. Setel Alarm. Menyetel alarm penting untuk kita melupakan sejenak tentang waktu. Seringkali konsentrasi pemula terganggu dengan keinginan melihat jam karena merasa telah melewati waktu meditasi yang ditentukan. Hal ini seringkali terjadi sesudah duduk 1 atau 2 menit.
  3. Bernafas. Bernafas merupakan salah satu cara melakukan komunikasi dengan tubuh kita. Saat kita berfokus dalam aktivitas bernapas, akan ada koneksi kuat antara tubuh dan pikiran kita. Dengan bernapas teratur, lembut, dan perlahan, maka kita juga tengah menenangkan tubuh dan pikiran. Gelombang otak pada saat meditasi (kondisi Delta) akan terlihat jauh lebih tenang dibanding dengan kondisi ketika raga terbangun (kondisi Beta).
  4. Label. Tujuan dari latihan meditasi ini adalah fokus pada satu momen, yaitu bernafas. Tugas kita dalam meditasi hanyalah menyadari napas kita. Jika pikiran kita lari kemana-mana, hanya kembali ke pernafasan saja.
  5. Masukkan Meditasi dalam Kehidupan Sehari-hari. menurut Adjie Silarus, seorang Meditator lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada yang juga menguasai dan memahami tentang “Meditative Mind” serta “Mindfulness”,  meditasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi bukanlah sekadar aktivitas satu jam bersila yang diagendakan setiap hari di jam yang sama. Meditasi bisa disisipkan dalam apapun aktivitas Anda, asal dilakukan dengan fokus dan sadar. Jika Anda makan, lakukanlah dengan kesadaran bahwa Anda sedang makan, maka makanan Anda akan terasa benar-benar enak. Jika berjalan, sadarlah bahwa Anda sedang berjalan dan fokuslah pada tujuan jalan Anda. Prinsipnya, ketika pikiran Anda tenang dan fokus, Anda akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.
  6. Ulangi Setiap Hari. Seperti halnya keterampilan yang harus dilatih, pengulangan setiap hari dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bermeditasi.
Gimana sahabat HOS? Inginkan anda mencobanya, ini termasuk metode dengan cara yang mudah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan dana samapia beratus-ratus ribu maupun juta-jutaan. Selamat Mencoba .


0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts