Minggu, 07 September 2014

Ingin buah hati anda lebih pintar? Cobalah mengajarkan anak berbicara dalam dua bahasa misalnya bahasa ingris dan indonesia. Karna para ahli menyatakan orangtua yang senantiasa mengobrol dalam dua bahasa bisa membantu perkembangan IQ seorang anak. Keuntungan bayi yang terpapar dua bahasa ini ditemukan lewat studi yang dilakukan oleh sebuah tim peneliti dan dokter di Singapura. Tim ini mencoba mengungkapkan kelebihan kognitif yang didapat anak dilingkungan keluarga dua bahasa.
                                     
Hasilnya, anak yang lahir dari keluarga dengan dua bahasa, tanpa melihat bahasa yang dipakai, memiliki kelebihan pertumbuhan kognitif yang lebih cepat. Penemuan yang dituangkan dalam jurnal Science Daily ini diperoleh lewat serangkaian studi kelompok jangka panjang oleh tim peneliti. Seorang ibu berkewarganegaraan Singapura dan anaknya dilibatkan dalam penelitian tersebut. Alhasil, bayi berusia enam bulan yang tinggal di keluarga dengan dua bahasa mampu lebih cepat mengenai keluarganya dibandingkan pasangan suami-istri monolingual. Para bayi ini juga lebih cepat memperhatikan hal-hal baru dibandingkan bayi monolingual.
Sebagai contoh, semua bayi disodorkan gambar berwarna dari beruang dan serigala. Untuk satu kelompok, beruang sengaja terus disodorkan sebagai gambar tunggal sementara serigala disiapkan sebagai gambar baru. Begitu juga sebaliknya dengan kelompok yang lain. Dan hasil studi menunjukan, bayi bilingual biasanya lebih cepat bosan dengan gambar sama yang disodorkan kepadanya. Namun bayi yang cepat bosan dengan gambar yang sama sesungguhnya sedang menunjukan perkembangan kemampuan kognitif dan bahasa dibandingkan bayi monolingual. Penelitian lain juga menunjukan adanya perkembangan anak bilingual dalam hal IQ dan berbicara di usia empat tahun. Bayi bilingual bisanya meyerap informasi linguistik baru dengan lebih cepat.

Bayi enam bulan yang terpapar dua bahasa di rumah pada dasarnya tak hanya sedang mempelajari bahasa yang berbeda. Pendengaran bayi sebenarnya ikut diasah untuk membedakan dua bahasa tersebut.
"Seperti orang dewasa, belajar bahasa kedua bisa menyakitkan sekaligus melelahkan. Kami terkadang membayangkan kesulitan yang dihadapi oleh bayi ditengah kebingungan besardari dua bahasa berbeda di dalam otak kecil mereka," ujar Associate Professor dari Departemen Psikologi Fakultas Seni dan Ilmu Sosial, National University of Singapore's, Leher Singh. 


Dan kapankah waktu yang tepat untuk mengajarkan buah hati anda dengan dua bahasa tersebut ??
sebaiknya sedini mungkin diajarkan mengunakan bahasa asing dan yang harus diutamakan siorang tua harus berkomitmen akan terus menajarkan anaknya dengan bahasa baru dan pelafalanya harus jelas agar sianak tersebut tidak salah saat ia sudah beranjak dewasa. 

Dan itulah sekilas info dari HOS yang semoga akan bermanfaat bagi keluarga - keluarga yang baru memiliki anak dan sekali lagi HOUSE OF SUCCESS melayani Fingerprint consulting yang manfaatnya banyak sekali bagi kelangsungan hidup dimasa depan.
HEAD OFFICE
Jl. Purnawirawan (Gg.Ratu) No. 18 Gedong Meneng, Bandar Lampung
Telp. 0721-712029 

0 komentar:

Posting Komentar

HOS Dokumenter

Translate

Tayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

HOUSE OF SUCCESS

- Privat Master Hipnotis - Pelatihan Profesional Hipnoterapi - Fingerprint Analysis - Penyalur Jasa Layanan Kerja Profesional

Quotes

"...MEMULAI TAK PERLU HEBAT, TAPI UNTUK HEBAT WAJIB BERANI MEMULAI..."

The New News

HADIRI STAND PAMERAN DI "MALL BOEMI KEDATON" BANDAR LAMPUNG Lt.1 (Basement depan Pintu Masuk) dan dapatkan Spesial Promo bersama HOUSE OF SUCCESS setiap hari Pkl. 11.00 s/d 20.00 Wib Sampai akhir tahun 2014.
Jl. Purnawirawan ( Ratu ) No. 18, Gedung Meneng, Bandar Lampung, Indonesia. Telp. ( 0721 ) 712029 atau Invite pin bb kami 7E64EBF .

Popular Posts